Expat. Roasters dan OATSIDE Gelar Kompetisi Barista, Tampilkan Bakat dan Kreatifitas Seni Kopi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menandai perkembangan budaya kopi dan minuman khas, Expat. Roasters berkolaborasi dengan Oatside menggelar Battle of The Baristas, kompetisi barista. Sebanyak enam barista berbakat dari berbagai daerah di Indonesia unjuk bakat dan kreatifitas meracik kopi dan bersaing memperebutkan gelar bergengsi. Mereka adalah Sthira Yabin dari Hungry Bird, Yoga Styadi dari Butterman, Gatot dari BGS Bali, Mujahidah dari Setara (Kalimantan), Muhammad Faisal dari Pison Jakarta, dan Ayu Sutharini dari Expat. Roasters.

Dalam prosesnya barista saling berhadapan untuk menunjukkan keterampilan dan kreativitas mereka. “Battle of The Baristas selalu menjadi platform untuk menampilkan bakat luar biasa dan merayakan seni pembuatan kopi. Kami sangat senang menyaksikan puncak dari kompetisi ini dan kagum dengan keterampilan luar biasa yang ditampilkan oleh para barista di panggung final,” ungkap Pendiri & CEO Expat.Roasters Shae Macnamara dalam rilis yang diterima, Minggu (23/7/2023).

Menambah kemeriahan grand final, penampilan mixologist ternama Agung Satria (Bacardi - Martini Indonesia) mendemonstrasikan keahliannya yang dalam membuat minuman campuran yang sangat indah.

Pada tahap akhir kompetisi, Expat. Roasters menghadirkan kejutan sekaligus tantangan kepada para peserta kompetisi. Para finalist diharuskan menciptakan seni latte yang memukau. Mereka juga membuat minuman khas menggunakan bahan-bahan yang ada di dalam kotak misteri.

Di sesi akhir, penentuan pemenang sekaligus pencarian barista terbaik dalam kompetisi ini ditentukan. Juara pertama diperoleh oleh Sthira Yabin dari Hungry Bird, memenangkan Rp 80 juta berupa sebuah mesin kopi La Marzocco Linea Mini, piala, piagam prestasi dan koleksi produk Expat. Roasters dan OATSIDE. Total hadiah dari kompetisi bergengsi ini disebut senilai Rp 200 juta.

Sementara, Regional Head of Partnerships di OATSIDE Charlyn mengatakan, ajang ini turut mendukung perkembangan komunitas kopi di Indonesia. The Battle of The Baristas dinilai dapat memikat komunitas kopi Indonesia, dengan barista dari seluruh penjuru negeri berpartisipasi dan menampilkan keterampilan, pengalaman, dan kreativitas mereka dalam seni kopi dan minuman khas.

Kompetisi ini juga disebut sebagai bukti berkembangnya budaya kopi di Indonesia dan tren yang berkembang menuju alternatif berbasis tanaman yang berkelanjutan. “OATSIDE bangga menjadi bagian dari Battle of The Baristas, mendukung komunitas kopi yang berkembang di Indonesia. Kami percaya bahwa kompetisi ini tidak hanya memberikan pengakuan kepada individu-individu berbakat tetapi juga menginspirasi gelombang baru kreativitas dan semangat dalam industri ini,” ungkapnya.


More articles about Final Battle of the Baristas Hosted by Expat. Roasters & OATSIDE
The Battle of The Barista Lahirkan Seniman Kopi Terbaik di Indonesia
Enam Barista Bersaing di Battle of The Baristas Expat. Roasters Surabaya
Enam Barista Bersaing Jadi Yang Terbaik dalam Battle of The Baristas di Expat. Surabaya
6 Barista Tampil di Grand Final ‘Battle of The Baristas’
6 Peserta Bersaing Ketat di Grand Final Battle of The Barista, Ini Daftar Juaranya
Battle of The Baristas: Grand Final di Expat. Surabaya Lahirkan Barista Indonesia Paling Terampil Dan Kreatif Tahun 2023
Expat. Roasters dan Oatside Gelar Kompetisi Barista, Tampilkan Bakat dan Kreatifitas Seni Kopi
Sthira Yabin dari Hungry Bird Juara Battle of The Baristas 2023 dalam Grand Final di Expat. Roasters Surabaya
Battle of The Baristas: Lahirkan Barista Indonesia Paling Terampil Hadiahnya Puluhan Juta
Battle of The Baristas: Grand Final di Expat. Roasters Surabaya Melahirkan Barista Indonesia Paling Terampil Dan Kreatif Tahun 2023
Grand Final Battle of The Baristas 2023, Lahirkan Barista Indonesia Berbakat dan Kreatif