Keren! Para Barista Unjuk Bakat Membuat Kopi dalam Kompetisi Barista Terbesar di Tanah Air


INDOZONE.ID
 - The Battle of The Baristas, kompetisi barista berbasis tanaman berkelanjutan terbesar di Indonesia, mencapai babak semifinal yang berlangsung pada Jumat, 7 Juli 2023 di Luber Bali di Kuta, Badung. Diikuti 16 peserta dengan bakat luar biasa, babak semifinal menampilkan kreativitas, seni, dan keahlian barista yang menawan.

Shae Macnamara, Founder & CEO Expat.Roasters, selaku penyelenggara kompetisi barista ini bersama Oatside menyatakan antusiasmenya untuk acara tersebut. "Kami sangat senang menyaksikan bakat dan inovasi luar biasa yang ditampilkan dalam Battle of The Baristas. Kompetisi ini adalah perayaan komunitas kopi menyoroti keterampilan luar biasa dan kreativitas barista Indonesia," ujar Shae Macnamara.

Ke-16 peserta yang tampil berasal dari Bali dan daerah lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah I Dewa Made Yudha Mahendra atau Dode, seorang barista dari Kynd Community Canggu.

Battle of The Baristas merupakan kompetisi pertama yang ia ikuti. Selain itu ada juga barista perempuan yang jauh-jauh terbang dari Kalimantan, yaitu Mujahidah dari coffee shop Setara.

Pada babak semifinal ini para peserta ditantang menciptakan seni latte yang indah dengan pola kejutan dan 2 signature drinks identik yang mengandung susu OATSIDE dan campuran kopi Expat.Roasters dengan setidaknya satu tegukan espresso.

Sejak dimulai jam 10.00 pagi, para peserta tampil di panggung utama dengan menghadap juri dan penonton yang antusias, dan menunjukkan keterampilan serta kesenian mereka.

SEMIFINAL BOFTB23 EXPAT. ROASTERS

Setelah menyaksikan penampilan masing-masing peserta, dewan juri kemudian melakukan penilaian. Dewan juri Battle of The Baristas sendiri terdiri dari pakar industri kopi yang terdiri dari: Yande J. Wirawan, Brand Ambassador dari Expat.Roasters; Charlyn, Regional Head of Partnerships OATSIDE; Stefani Chritianti Irawan dari Toffin; Vito Adi dari Sensa Koffie; Mira Yudhawati dari Bon Cafe Indonesia dan Certified WBC Sensory Judge & Q Grader; dan Laila Octaviana, Juri Sensorik & Pelatih Barista IBC Bersertifikat ICE.

Pada akhirnya, juri akhirnya menetapkan 6 finalis yaitu Sthira Yabin - Hungry Bird, Yoga Satyadi - Butterman, Gatot - BGS Bali, Mujahidah - Setara Kalimantan, Muhammad Faisal - Pison Jakarta, Ayu Sutharini - Expat. Roasters.

Keenam finalis akan bertarung kembali di babak final pada 21 Juli 2023 di Expat.Roasters Surabaya. Mereka akan tampil secara langsung, membuat signature drinks menggunakan bahan-bahan misteri yang disediakan dalam kotak misteri yang dikuratori khusus.

Pemenang kompetisi tidak hanya akan mendapatkan hadiah utama berupa mesin kopi La Marzocco Linea Mini tetapi juga piala bergengsi, sertifikat, dan koleksi produk Expat.Roasters dan OATSIDE dengan nilai melebihi Rp100 juta.


More articles about Semifinal Battle of the Baristas Hosted by Expat. Roasters & OATSIDE

Semifinal Battle of the Baristas Tampilkan 16 Peserta Beradu Kreativitas, 6 Finalis ke Surabaya
Semifinal Battle of The Baristas, Tampilkan Bakat & Kreativitas Spektakuler dalam Seni Kopi & Minuman Khas
16 Barista Adu Kreativitas di Semifinal 'Battle of The Baristas'
Semifinal Battle of the Baristas : Tampilkan bakat dan Kreativitas Spektakuler Dalam Seni Kopi dan Minuman Khas